Created (c) Satya Falah (SEMPAK)

Merubah Waktu Mundur Scandisk Windows

Scandisk, tentunya anda sering mendengar istilah tersebut yang pada beberapa kondisi tertentu seringkali menjengkelkan anda. Karena harus menunggu hitungan 100% antara 3 – 5 kali, tergantung jenis scandisk yang terjadi.


Meski begitu, scandisk adalah hal yang sangat penting untuk normalisasi partisi anda. Namun, yang akan dibahas disini bukan penyebab dan perincian scandisk secara mendalam, melainkan trik (just for fun) untuk merubah waktu default (yang umumnya 10 detik) menjadi tak terhingga (sesuai keinginan anda).

Untuk memaksa agar computer melakukan scandisk, anda bisa melakukannya dari pengaturan schedule dengan cara :
1.      Klik kanan pada drive (C atau D dst) dan pilih properties seperti dibawah ini.
Klik menu Tools dan klik tombol Checknow.seperti dibawah ini
Kemudian beri ceklis pada Check disk Options yang tersedia (seperti gambar diatas). Selanjutnya Klik start pada tampilan seperti berikut :
Ketika anda melakukan restart, maka scandiskpun akan terjadi
Normalnya (defaultnya), windows akan menghitung mundur dari 10 sampai 1 untuk menuju proses scandisk, seperti gambar berikut : Bagaimana kalau sekarang anda merubahnya dengan waktu 2000 detik ? Begini caranya :
  1. Buka Command Prompt dengan perintah cmd dari RUN
  2. Ketik perintah :

    chkntfs /T:time


    Contoh : chkntfs /T:2000

    Hasilnya, proses scandisk akan terjadi setelah hitung mundur 2000 detik.
  3. Waktu maksimal yang bisa anda isi adalah 259200 detik. Jika anda mengisinya diatas itu, maka proses ini tidak akan terjadi sama sekali.
Untuk mengetahui scandisk countdown time saat ini, bisa dicek dengan perintah : chkntfs /T Hasilnya :10 detiik

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Merubah Waktu Mundur Scandisk Windows ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 29 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Merubah Waktu Mundur Scandisk Windows
 

0 komentar:

Posting Komentar